Others

Tips Dari Pakar Dalam Menggunakan Hashtag di Facebook

Hashtag Facebook

Fitur hashtag pada Facebook mungkin sudah banyak orang yang tahu, namun apakah hashtag benar-benar efektif diterapkan dalam strategi marketing? Sebelum menjawabnya, anda bisa melihat hasil riset para pakar sosial media marketing terkait penggunaan hashtag dan pengaruhnya terhadap tingkat interaksi yang dihasilkan.

  • Postingan dengan 1 – 2 hashtag menghasilkan rata-rata 500 interaksi
  • Postingan dengan 3 – 5 hashtag menghasilkan rata-rata 400 interaksi
  • Postingan dengan 6 – 10 hashtag menghasilkan rata-rata 300 interaksi
  • Postingan dengan lebih dari 10 hashtag menghasilkan rata-rata 150 interaksi

Jadi berbeda penggunaan hashtag dengan selisih 2 – 3 hastag saja bisa berpengaruh pada tingkat interaksi yang dihasilkan. Jumlahnya pun cukup signifikan. Lalu apakah penggunaan ini berdampak negatif pada campaign yang anda jalankan? Atau seperti apa penggunaan hashtag yang seharusnya agar hasilnya maksimal? Berikut penjelasan para pakar :

Razor Social 

Sebuah campaign boleh menggunakan hashtag asal digunakan dengan semestinya. Mungkin akan sia-sia jika menaruh banyak sekali hashtag pada postingan, namun tidak ada audiens yang peduli. Jadi cukup menggunakan 1 atau 2 hastag saja, yang benar-benar relevan dengan isi postingan. 

Perlu diketahui, Facebook secara otomatis akan membuatkan tautan pada setiap hastag yang digunakan. Oleh karena itu, gunakan hashtag dengan tujuan mengajak audiens untuk menciptakan sebuah percakapan yang relevan dengan konten.

Canva

Hashtag menghubungkan konten anda dengan audiens yang membicarakan topik yang sama, atau mencari sebuah informasi. Jadi misalnya anda membuat konten tentang “Cara Mendapatkan Follower Facebook”, maka anda bisa menggunakan hashtag #tipsfacebook, sehingga konten anda mudah ditemukan. 

Penggunaan hashtag ini memungkinkan anda untuk mendapatkan lebih banyak jangkauan, daripada harus mengeluarkan uang untuk memasang iklan. Sangat disarankan, untuk membuat hashtag sendiri untuk konten anda, dan kemudian menambahkan hashtag lain yang relevan.

Tabsite

Dari riset yang pernah dilakukan, 6 dari 12 orang mengatakan penggunaan hashtag sama sekali tidak berpengaruh, sementara 6 lainnya mengatakan hashtag perlu untuk menambah jangkauan. Jadi, ada yang bisa disimpulkan bahwa penggunaan hashtag tergantung juga pada target audiens.

Jika target audiens adalah orang-orang yang awam dengan sosial media, mereka akan acuh pada hashtag yang anda pakai. Akan tetapi jika target audiens adalah orang-orang yang sudah familiar dengan sosial media, mereka akan mencari informasi lebih dalam dengan mengunjungi hashtag yang anda pakai.

JohnHaydon

Jika anda mengunggah konten yang sama untuk beberapa jejaring sosial seperti Facebook, Instagram atau Twitter, maka penggunaan hashtag adalah hal yang wajib. Sebab, dengan hashtag anda bisa membentuk tautan yang saling berkaitan untuk menghubungkan konten di beberapa jejaring sosial itu. 

WPCafeina

Hashtag bisa menjadi solusi yang sama-sama menguntungkan bagi para marketer. Sebab bisa meningkatkan jangkauan postingan, memudahkan audiens menemukan konten anda, hingga meningkatkan kesempatan penjualan yang lebih banyak. 

Namun untuk beberapa alasan, menggunakan hashtag pada Facebook tidak memiliki dampak yang terlalu signifikan pada penjualan atau konversi. Akan tetapi untuk beberapa kasus tertentu, misalnya sebuah perusahaan yang ingin mempromosikan event atau produk, bisa memanfaatkan hashtag untuk menunjukan para sponsor yang bekerja sama. 

Jadi dari artikel ini semoga bisa menambah wawasan anda tentang penggunaan hashtag di Facebook, dalam mengatur strategi marketing anda. Atau anda bisa mengunjungi https://www.sribu.com/id/cat/jasa-iklan-facebook, untuk mendapatkan kemudahan dalam mengatur pemasangan iklan anda agar bisa semakin efektif.