Others

Tahukah Anda, Apa Itu Website?

Tahukah Anda, Apa Itu Website?

Seiring dengan berkembangnya teknologi dan internet, membuat penggunaan website semakin meningkat. Namun ternyata, tidak semua orang tahu apa itu website. Jadi, ketika dihadapkan untuk mengoperasikan website atau perlu tahu hal-hal tentang website, maka orang tersebut tidak akan mengerti.

Pengertian Website

Lalu, apa itu website? Website bisa diartikan sebagai kumpulan halaman yang berisi informasi dan bisa diakses menggunakan internet. Adanya internet ini memungkinkan Anda untuk mengakses website dengan lebih mudah, kapan saja dan dimana saja.

Tahukah Anda, Apa Itu Website?
Tahukah Anda, Apa Itu Website?

Untuk bisa mengakses website, maka Anda tidak hanya perlu internet tapi juga browser dengan URL atau domain. Karena hal tersebutnya, ada 3 unsur penting pada website, yaitu:

  • Domain: domain bisa diibaratkan sebagai alamat atau identitas yang membedakan antara website Anda dengan website milik orang lain. Nama domain ini umumnya diambil dari tema domain atau nama unik sesuai dengan keinginan atau hasil riset Anda.
  • Hosting: bisa dikatakan, hosting ini adalah rumahnya atau tempat untuk menyimpan semua data dari website. Jadi, kapasitas website ini ditentukan juga dari besar kecilnya website yang dibuat.
  • Konten : konten adalah isi dari websitenya. Konten ini tidak hanya berupa text tapi bisa juga berupa gambar, video bahkan musik.

Fungsi dari Website

Website dibuat untuk fungsi atau manfaat tertentu, Fungsi atau manfaat pembuatan website, yaitu:

(baca: contoh desain website)

  • Sarana Informasi

Lewat website, Anda bisa mendapatkan informasi yang bervariasi. Mulai dari tips, tutorial, berita hingga pengumuman penting.

  • Sarana Hiburan

Dalam website, Anda juga bisa mengunggah konten yang menghibur. Seperti apa kontennya? Kontennya bisa berupa tulisan, audio, foto ataupun video.

Umumnya, website dengan fungsi sebagai sarana hiburan memiliki interface yang menarik dan sederhana. Tujuannya adalah untuk menarik visitor agar berkunjung dan meminimalisir bounce rate sehingga kualitas website meningkat.

  • Sarana Jual Beli

Seiring dengan berkembangnya zaman, website juga berfungsi untuk pasar online. Di sini, para pedagang dan calon pembeli bertemu dan bertransaksi.

Apa saja yang dijual atau dibeli? Baik di online shop ataupun e-commerce, produk berupa barang ataupun jasa bisa diperjualbelikan di sini. Bahkan voucher, tiket bisa dibeli secara online lewat website.

  • Sebagai Blog

Ada sebagian orang yang menggunakan website sebagai tempat untuk menuliskan catatan pribadi atau opininya. Bahkan, bukan hanya perorangan yang memiliki blog, tetapi juga perusahaan untuk tujuan branding dan meningkatkan trafik web utama.

Apa hanya bisa digunakan untuk 1 orang saja? Tidak, karena, dalam 1 blog Anda bahkan bisa menambahkan hingga banyak author atau penulis untuk mengisi website Anda.

Jadi, sudah tahu ya apa itu website dan fungsinya seperti apa. Lewat pengertian tersebut, Anda bisa memahami lebih dalam lagi tentang website khususnya sebelum Anda membuat website yang Anda impikan.