Others

Pengertian Domain Authority dan Page Authority

pa dan da

Sebagai penyedia jasa backlink yang handal, salah satu hal yang harus Anda perhatikan adalah kualitas dari website Anda miliki. Kualitas tersebut dapat dilihat dari domain authority dan juga page authority. Namun apa yang dimaksud dengan domain authority dan page authority? Untuk tahu lebih lengkapnya, baca selanjutnya di halaman ini.

Domain Authority

Domain authority atau yang dikenal dengan DA ini merupakan kekuatan domain yang dimiliki oleh situs tertentu. Dalam penilaiannya, range atau skala DA adalah 1-100. Semakin tinggi DA dari website tersebut maka hasilnya akan semakin bagus dan muncul di SERP terutama halaman pertama.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab nilai DA meningkatkan nilai DA. Beberapa diantaranya adalah popularitas misalnya dari jumlah pengunjung, faktor usia domain dan ukuran dari domain. Jika faktor tersebut bisa dimaksimalkan maka nilai DA juga dapat meningkat.

page view
page view

Ada beberapa cara untuk mengecek DA. Salah satunya adalah dengan menggunakan moz. Masuk ke website moz lalu ke bagian reasearch tools dan pilih ose. Setelah itu, Anda bisa langsung masukkan situs Anda ke bagian kolom URL dan klik search. Nantinya akan ada hasil yang menunjukkan berapa DA ataupun PA yang Anda miliki.

Jikapun masih rendah, ada cara untuk meningkatkan DA yang bisa Anda lakukan seperti berikut ini:

  1. Membagikannya ke orang lain misalnya menggunakan media sosial. Dengan begitu, banyak orang yang tahu website Anda dan kepopulerannya bisa semakin meningkat. Selain itu pastikan inbound link yang ada di website Anda berkualitas dan tidak termasuk sebagai spam.
  2. Tingkatkan ukuran domain dengan konten yang berkualitas. Misalnya informasi mengenai tutorial SEO ataupun informasi yang lain yang dibutuhkan oleh pembaca. Dengan begitu konten Anda akan terindeks oleh mesin pencari.

Page Authority

Page authority atau yang lebih dikenal dengan PA merupakan gambaran dari rangking website yang bisa ditemukan di pencarian. Range penilaiannya antara 0-100. Jadi, semakin tinggi nilai PA-nya maak website tersebut akan semakin berkualitas. Karena hal tersebut, website dengan PA yang tinggi memiliki kesempatan lebih besar untuk muncul di halaman pertama di mesin pencarian.

Angka tersebut tentunya relevan terhadap konten dan optimasi SEO yang dilakukan. Jikapun Anda memiliki nilai PA yang rendah, Anda tetap dapat meningkatkannya dengan cara berikut ini:

  • Mengunggah konten secara berkala. Namun konten yang diunggah ini tetap harus konten yang memiliki kualitas bagus. Misalnya yang bukan hasil dari copy paste dari website lain. Selain itu, konten juga berisi mengenai informasi yang dibutuhkan oleh pengguna.
  • Memiliki backlink yang berkualitas dan relevan. Walaupun Anda menyediakan jasa backlink, namun Anda tetap harus memiliki backlink untuk meningkatkan nilai PA Anda.
  • Menambahkan konten yang berisi video atau gambar.

Itulah pengertian domain authority dan page authority. Semoga informasi ini menambah wawasan Anda.