Others

Jenis-Jenis Dari Surat Niaga

Jenis-Jenis Dari Surat Niaga

Surat menjadi bagian yang sangat penting untuk komunikasi pada sebuah lembaga maupun instansi, selain itu surat juga berfungsi sebagai sarana pemberitahuan, sarana permintaan, dan sebagainya. Dengan hal ini maka untuk jenis surat niaga memiliki beberapa jenis yang dapat disesuaikan dengan kepentingan.

Jenis-Jenis Dari Surat Niaga

Ada beberapa jenis surat niaga yang dapat memberikan pengetahuan serta wawasan bagi anda, sehingga anda dapat mengetahuinya. Berikut jenis-jenis surat niaga, yaitu:

  1. Surat perkenalan yakni jenis surat niaga yang memiliki tujuan untuk memperkenalkan sebuah usaha pada pihak lain. Perusahaan membuat surat perkenalan ini sebagai hal untuk memperkenalkan produk dari perusahaan tersebut, baik itu untuk jasa maupun barang, keunggulan dari produk, harga, fitur, dan juga promo yang lainnya.

  2. Surat penawaran itu sendiri menjadi bagian dari jenis surat yang memiliki tujuan untuk menawarkan produk dari perusahaan tersebut baik untuk jasa maupun barang. Karena dengan adanya hal ini maka perusahaan dapat membuat surat penawaran ini untuk dapat menarik minat konsumen agar bisa untuk membeli produknya.

  3. Surat permintaan penawaran yakni jenis surat niaga yang dibuat oleh calon pembeli pada perusahaan dengan memiliki tujuan untuk meminta menawarkan sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Dengan hal ini maka pembeli meminta sebuah katalog, brosur, maupun promo dari perusahaan yang terkait dengan produk yang akan dijualnya.

  4. Surat pesanan yakni jenis surat niaga yang dibuat oleh calon pembeli pada perusahaan, yang memiliki tujuan untuk memesan sebuah produk ataupun layanan yang tertentu. Maka dengan hal ini dapat dikatakan konsumen ingin membeli sebuah barang maupun jasa tertentu melalui surat pesanan tersebut.

  5. Surat konfirmasi pesanan yakni jenis surat niaga yang dibuat oleh penjual sebagai bentuk balasan dari surat pesanan. Maka dengan surat ini penjual akan memastikan jumlah barang yang akan dibeli oleh konsumen bersamaan dengan harga, cara membayarnya, detail pengiriman, serta hal-hal yang lainnya.

  6. Surat pemberitahuan pengiriman barang yakni jenis surat niaga yang dibuat oleh penjual yang kegunaan untuk memberitahukan pengiriman barang kepada pembeli. Surat pemberitahuan pengiriman barang ini dibuat apabila setelah penjual dan juga pembeli sudah melakukan kesepakatan dengan transaksi yang sudah dibuatnya tersebut.

  7. Surat penolakan pesanan yakni jenis surat niaga yang dibuat oleh penjual pada saat penjual melakukan penolakan permintaan terhadap pesanan dari pembeli, yang berkaitan dengan produk tertentu. Hal ini dapat terjadi, apabila beberapa alasan seperti pada saat persediaan habis maupun pembeli menawar dengan harga yang rendah.

Bagi anda yang akan membuat salah satu dari jenis surat niaga, mungkin beberapa jenis diatas dapat membantu anda, sehingga hal ini dapat memudahkan anda untuk membuatnya. Karena dengan adanya surat dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lain dengan mengisi tulisan, pernyataan, yang sesuai dengan kepentingannya.