Others

Jenis-Jenis Dari Surat Dinas

Jenis-Jenis Dari Surat Dinas

Surat dinas itu sendiri berisikan permasalahan dari kedinasan, selain itu surat dinas dibuat oleh lembaga maupun instansi yang ditujukan sebagai keperluan kedinasan, baik itu pada lembaga atau instansi pemerintah ataupun swasta. Pada umumnya isi dari surat dinas berupa urusan misalnya pemberian suatu izin, pemberian tugas, penyampaian pengumunan, dan yang sebagainya.

Jenis-Jenis Dari Surat Dinas

Ada beberapa jenis surat dinas yang dapat anda ketahui sekaligus menambah wawasan anda. Sehingga apabila anda akan membuat salah satu surat dinas, anda sudah mengetahuinya. Berikut jenis-jenis dari surat dinas, yaitu:

  1. Surat pemberitahuan dinas yakni jenis surat dina yang memiliki tujuan untuk memberikan

informasi kepada seluruh anggota instansi tertentu dan terkait dengan suatu hal yang harus diketahuinya. Sedangkan untuk surat undangan dinas yakni jenis surat dinas yang memiliki tujuan untuk mengundang dan berharap kehadiran dari pihak tertentu untuk ikut berpartisipasi dengan acara maupun kegiatan tertentu.

  1. Surat kuasa dinas yakni jenis surat dinas yang memiliki tujuan untuk melimpahkan wewenang dari seseorang ke pihak lain yang bisa dipercaya untuk mewakili orang yang memberikan kuasanya, karena orang yang bersangkutan tidak bisa melaksanakannya. Sedangkan surat keterangan dinas yakni jenis surat dinas yang memiliki tujuan untuk menerangkan terkait aktifitas seseorang maupun sesuatu hal tertentu pada pihak yang terkait dengan kepentingan.

  2. Surat memo yakni jenis surat dinas yang digunakan secara intern pada suatu unit organisasi yang dilakukan oleh pejabat kantor dan isinya cenderung singkat, surat memo itu sendiri disebut dengan nota dinas. Sedangkan untuk surat edaran dinas yakni jenis surat dinas yang memiliki fungsi sebagai pemberitahuan tentang sesuatu yang diberikan pada beberapa orang maupun banyak pihak.

  3. Surat pengantar dinas yakni jenis surat dinas yang digunakan untuk mengantar sesuatu yang memiliki maksud agar orang yang menerima dapat mengetahui dari maksud sesuatu yang diterimanya. Sedangkan untuk surat perintah dinas yakni jenis surat dinas yang dikeluarkan dari pihak yang memiliki jabatan lebih tinggi dan ditujukan kepada pihak bawahannya, untuk berbuat sesuatu maupun tidak tergantung isi surat perintahnya.

  4. Surat perjalanan dinas yakni jenis surat dinas yang dikeluarkan dari suatu instansi yang ditujukan kepada pejabat tertentu untuk melakukan perjalanan dinas termasuk pembiayaan perjalanan serta fasilitas yang lain. Sedangkan surat rekomendasi yakni jenis surat dinas yang digunakan untuk menerangkan pada pihak tertentu serta dibuat oleh pimpinan yang bertujuan agar pihak yang direkomendasi bisa mendapatkan nilai positif dari pihak lain.

Bagi anda yang akan membuat surat dinas, mungkin beberapa penjelasan diatas tentang jenis-jenis dari surat dinas dapat membantu anda. Atau jika anda masih kurang paham bisa mencari penulis bahasa indonesia. Karena surat dinas menjadi salah satu surat yang resmi dan kebanyakan digunakan untuk berbagai kepentingan pada pekerjaan formal di instansi dinas serta tugas kantor.