Others

Cara Membuat Berita

Cara Membuat Berita

Menulis sebuah konten berita memiliki tantangan tersendiri, apalagi untuk yang baru pertama kali terjun dalam dunia jurnalistik. Permasalahan yang sering menghinggapi adalah, harus dimulai darimana? Bagaimana menyusun tiap paragrafnya? Bagaimana cara melakukan wawancara? Dan lain sebagainya. 

Untuk membantu anda dalam belajar membuat sebuah konten berita, Fach Blog membagikan sejumlah tipsnya berikut ini.

Rumus 5 W 1 H

Setiap jurnalis yang membuat berita, memiliki aturan dasar yakni 5 W 1 H, yaitu adalah What (Apa), When (Kapan), Who (Siapa), Where (Dimana), Why (Mengapa) dan How (Bagaimana).

  • What, sebagai dasar untuk menjelaskan peristiwa apa yang sedang terjadi. 
  • When, sebagai dasar menjelaskan kapan peristiwa itu terjadi. 
  • Who, sebagai dasar menjelaskan siapa saja yang ada dalam peristiwa itu.
  • Where, sebagai dasar menjelaskan di mana tempat peristiwa itu terjadi.
  • Why, sebagai dasar menjelaskan alasan atau penyebab dari sebuah peristiwa.
  • How, sebagai dasar menjelaskan bagaimana sebuah peristiwa bisa terjadi dan bagaimana tanggapan dari pihak-pihak yang terkait.

Dengan menjadikan rumus di atas sebagai acuan, maka anda sudah bisa dengan mudah melakukan penyusunan tulisan untuk berita. Tinggal bagaimana cara anda dalam melakukan improvisasi dan pengolahan kata dari informasi yang sudah didapatkan.

Memilih Topik Berita

Hal pertama yang menjadi pertanyaan dari banyak penulis berita adalah, menentukan tema atau topik yang akan diangkat menjadi sebuah berita. Tipsnya, anda bisa melihat kondisi dan suasana sekitar, tentang apa yang sedang ramai dibicarakan oleh orang-orang atau kejadian yang baru saja terjadi di sekitar anda. 

Pastikan, jika topik-topik itu memang layak untuk diangkat menjadi sebuah berita. Anda bisa mengukur hal ini, dari seberapa banyak orang yang tertarik dan membicarakan topik tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan internet sebagai tempat berburu topik terhangat. Anda bisa bergabung dalam grup-grup sosial media, atau menggunakan website Google Trend, untuk melihat topik-topik apa saja yang sedang banyak dicari di internet.

Mencari Sumber Berita

Kesulitan yang paling sering dihadapi saat menulis berita adalah mendapatkan sumber yang valid dan terpercaya. Beberapa jurnalis, akan mencari orang yang bisa dijadikan sumber berita dengan melakukan wawancara. Tentu orang itu, harus yang benar-benar mengetahui dengan pasti atau terlibat dalam topik yang akan dijadikan berita. Misal, anda akan membuat berita tentang kasus pencurian sebuah toko. Maka anda bisa melakukan wawancara dengan pemilik toko, karyawannya atau pihak kepolisian yang sedang menangani kasus tersebut. 

Jika memungkinkan jangan mewawancarai orang-orang di sekitar lokasi yang tidak tahu pasti saat kasus itu terjadi. Karena mereka terkadang tidak memberikan informasi yang valid, dan tentunya akan berimbas pada kepercayaan pembaca nantinya.

Menyusun Konten Berita

Meski menulis sebuah konten berita menjadi tantangan bagi banyak orang, pada dasarnya ketika semua bahan yang dibutuhkan sudah lengkap, menulisnya adalah hal yang cukup mudah. Anda tinggal menyusun konten berita berdasarkan urutan kejadian. Bagaimana kronologi peristiwa bisa terjadi, lalu paragraf selanjutnya bisa menjelaskan dampak yang ditimbulkan, dan pada penutup bisa diisi dengan tanggapan dari berbagai pihak yang terlibat.