Design

Bagaimana Cara Membuat Label Makanan? Berikut Pembahasannya

Cara Membuat Label Makanan

Pasti kita sudah sering melihat sebuah makanan seperti jajanan daerah apabila ketika berlibur ke suatu daerah atau tempat dimanapun itu. Di sepanjang jalan kita akan melihat beragam macam makanan yang dapat dijadikan sebagai ciri khas atau simbol dari daerah wisata yang dituju oleh kita. Tentu saja di area makanan tersebut akan dibungkus dengan plasti atau apapun itu yang disertai dengan label makanan.

Label makanan menjadi salah satu hal yang sangat penting untuk makanan ringan berupa jajan. Label makanan berperan untuk memberikan informasi mengenai makanan yang dijualkan tersebut. Jadi, dengan label makanan, maka konsumen bisa mengetahui dengan jelas tentang makanan yang dijualkan pada konsumen.

Inilah Cara-caranya…

Mungkin anda bertanya tentang bagaimana sih cara membuat label makanan? Sebenarnya, cara untuk membuat label makanan dapat anda lakukan dengan mudah. Sebab, saat ini pembuatan label makanan bisa dilakukan dengan menggunakan sebuah aplikasi atau software sehingga anda bisa menghasilkan karya yang lebih menarik.

Salah satu aplikasi atau software yang dapat dicoba oleh anda adalah CorelDraw. Umumnya, aplikasi yang satu ini menyajikan fitur-fitur yang sangat mendukung buat penggunanya. Tiap penggunanya dapat membuat logo gratis, label atau stiker makanan dengan cara yang gratis dan lain sebagainya yang berhubungan dengan desain.

Lantas bagaimana cara pembuatannya dengan memakai CorelDraw? Sebelum anda memulainya, pastikan kalau anda telah menyediakan aplikasi CorelDraw pada perangkat (Smartphone/Laptop/PC) yang dimiliki oleh anda saat ini. Cara-caranya bisa dilihat pada ulasan yang ada dibawah ini.

  1. Cara membuat label makanan yang pertama, anda dapat membuka aplikasi yang bernama CorelDraw. Dalam hal ini, anda dapat mempersiapkan ukuran atau model kertas yang akan digunakan. Misalnya memakai model kertas yang berupa A4.
  2. Setelah ukuran kertasnya sudah siap, anda dapat mengklik Rectangle tool atau F6. Sesudah itu anda dapat mengatur ukuran dari area label yang sesuai dengan keinginan anda. Dimana anda dapat mengatur panjang lebar atau tinggi.
  3. Kemudian anda juga bisa mengatur ketebalan dari garis kotak buat label makanan anda. Klik kotak label, lalu kliklah outline Width dengan ikon ujung pulpen.
  4. Cara membuat label makanan selanjutnya anda dapat menambahkan teks pada label makanan anda. Dimana anda dapat mengklik Text Tool, lalu anda dapat memasukkan teksnya, misalnya nama logo makanan anda.
  5. Selanjutnya anda dapat membuat semua kalimat maupun logo makanan pada label kemasan anda hingga sesuai dengan apa yang diharapkan oleh anda.
  6. Setelah itu, anda dapat groupkan semua. Caranya Block semuanya – Klik kanan – Klik group. Kemudian Klik label – CTRL+D – Geserlah jarak acuannya antar kotak labelnya.
  7. Bagi anda yang ingin mempercepatkan jumlah kotak, dimana anda hanya cukup menekan CTRL+D. Dengan cara otomatisnya ini akan bertambah dengan cepat yang di copy.