Others

5 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Social Media Funnel

digital marketing funnel

5 Cara Meningkatkan Konversi Penjualan dengan Social Media Funnel – Perkembangan teknologi digital dalam bentuk internet membuat perkembangan bisnis digital pun semakin meningkat. Beragam platform belanja online dan aktivitas media sosial yang berubah jadi ladang bisnis merangsang banyak orang untuk mulai melakukan bisnis secara online.

Bergesernya prilaku sosial masyarakat dalam menggunakan teknologi digital untuk berbisnis,  seolah memberi inspirasi dan gairah baru dalam berbisnis yang bisa dilakukan setiap orang, di mana saja dan kapan saja. Alhasil, ilmu tentang pemasaran lewat media sosial pun ramai dicari orang, salah satunya adalah digital marketing funnel.

Walau begitu, social media funnel yang merupakan bagian dari marketing funnel dianggap merupakan jalur pemasaran online paling efektif  karena bisa meningkatkan konversi penjualan. Bagaimana cara agar konversi penjualan dapat meningkat? Berikut ulasannya :

Paham Ilmunya

Berbisnis melalui media sosial berbeda dengan bisnis secara langsung atau offline. Ada banyak hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu, karena di media sosial Anda harus paham konsep AIDA (Attention, Interest, Desire dan Action) sebelum menjalani bisnis secara online.

Social media funnel merupakan saluran atau tempat untuk mengubah dan mengarahkan persepsi seseorang dalam menilai suatu produk. Tak peduli apakah sebelumnya orang tersebut awalnya abai akan produk tersebut.

Di sini Anda harus mampu menarik perhatiannya hingga dia membeli produk Anda, lalu menjadi pelanggan, bahkan akhirnya menjadi bagian dari tim pemasaran Anda. Untuk itu, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah melakukan riset tentang media sosial atau platform bisnis online yang hendak Anda pilih, cari tahu ciri khasnya agar mudah menjalaninya.

Fokus Ke Satu Bukan ke Banyak Media Sosial

Setelah melakukan riset dan paham bagaimana melakukan pemasaran online di media tersebut, maka Anda bisa memilih media mana yang ingin Anda jadikan saluran pemasaran online. Untuk sebuah kesuksesan, cobalah untuk fokus dan mempelajari setiap detail pemasaraan di satu media sosial saja. Semua itu agar social media funnel Anda teruji.

Mulai Agendakan dan Buatlah Konten

Setiap strategi yang telah disusun, maka agendakan hal tersebut dengan baik. Agendakan setiap jadwal kegiatan yang ingin Anda share di media sosial. Jalin komunikasi dengan orang-orang yang ada di media sosial Anda, selanjutnya  buat konten yang layak dan dapat meningkatkan konversi

Kontrol Jadwal dan Rawatlah Pelanggan

Jangan lupa untuk mengontrol seluruh jadwal kegiatan yang hendak di share secara berkala mulai dari harian, mingguan hingga bulanan, sebagai langkah yang efektif untuk peningkatan konversi jualan Anda.

Tak hanya itu, seperti halnya sebuah pohon yang diberi pupuk untuk menghasilkan buah yang segar dan ranum, begitu pula bisnis online yang dilakukan lewat media sosial. Jangan abaikan pembeli yang telah membeli produk Anda. Rawatlah mereka hingga menjadi pelanggan setia dan tertarik juga untuk memasarkan produk Anda.

Lakukan Survei Secara Berkala

Tak hanya jadwal kegiatan yang harus dilakukan secara berkala, melakukan survei atas kinerja dan konversi penjualan juga harus dilakukan secara berkala. Dengan melakukannya secara berkala, Anda bisa mengevaluasi setiap langkah dan cara yang kurang tepat.  Hal inilah yang membuat social media funnel Anda berhasil.

Demikian strategi dalam meningkatkan konversi penjualan dengan social media funnel. Namun, tak berbeda dengan penjualan secara offline dibutuhkan kesabaran, kegigihan dan konsistensi yang tinggi, agar konversi penjualan semakin meningkat.