Design

4 Ide Agar Video Facebook Semakin Menarik Penonton

Facebook Video

Facebook tak hanya menjadi jejaring sosial untuk berkomunikasi dan menjalin hubungan dengan banyak orang. Jauh lebih dari itu, Facebook bisa juga dijadikan media penambah pendapatan dengan mengunggah video ke jejaring sosial tersebut. 

Ya, anda akan dibayar jika video anda mendapatkan banyak penonton dan tentunya sesuai dengan aturan yang mereka terapkan. Jumlahnya pun tak main-main, seperti apa yang bisa didapat di Youtube. 

Namun, untuk membuat video yang menarik agar ditonton banyak orang, perlu strategi khusus. Anda harus bisa menarik perhatian orang pada 2 – 3 detik pertama video anda diputar. Jika lebih dari itu, kemungkinan orang akan melewatkan video anda tersebut. Berikut ini beberapa tips, agar orang-orang tertarik dengan video yang anda buat.

Jangan Membuang Waktu

Saat edit video, jangan menggunakan intro atau scene pembuka yang terlalu lama. Cukup berikan kalimat pembuka dengan durasi 1-2 detik saja, berikutnya langsung disambung dengan adegan menuju klimaks video atau inti pesan yang ingin disampaikan. 

Anda bisa memberikan sedikit petunjuk tentang adegan utama pada bagian intro video. Hal ini agar penonton bisa langsung penasaran, dan kemudian tertarik dengan apa yang akan anda tunjukkan berikutnya.

Manfaatkan Caption 

Kita tidak pernah tahu, apakah penonton menyalakan suara saat video diputar. Saat ini tidak ada fitur analisa untuk hal tersebut. Meski kemudian di update terbarunya Facebook akan otomatis menyalakan suara ketika video diputar, pengguna bisa mengatur mematikan suara di halaman pengaturan.

Oleh karena itu, gunakan caption atau subtitle di video anda, sehingga penonton bisa mengerti meski suara telah dimatikan. 

Pemberian Judul

Jangan memberikan judul yang asal-asalan pada video anda, seperti videoplayback.mpg. Berikan judul terbaik pada video anda, yang bisa memicu rasa penasaran penonton sehingga mereka tertarik untuk memutar video anda. 

Namun penting untuk tidak menggunakan judul yang clickbait karena hal ini justru akan berdampak buruk dalam jangka panjang. Sebab biasanya judul yang clickbait, berbeda dengan apa yang ada dalam video. Penonton pun akan merasa kecewa, terburuknya mereka akan melaporkan video anda ke pihak Facebook dan kemudian dihapus. Anda bisa menyisipkan kata kunci pada judul video, sehingga mesin pencari bisa dengan mudah menemukan video anda tersebut. 

Pemakaian Wording Pada Konten Post

Gunakan fitur “Post” di Facebook untuk menjelaskan video yang anda buat. Tujuannya untuk meyakinkan penonton agar mau melihat video. Oleh karena itu pergunakan “Wording” atau kalimat ajakan yang tepat, yang tak hanya menjelaskan isi video tetapi juga memberikan rasa penasaran pada penonton.